Standard Operational Procedure


A. Pendahuluan
    Assalamualaikum wr. wb. Kali ini saya akan mengajak teman-teman untuk mempelajari dan memahami apa itu SOP, kemudian mempraktekannya pada dunia kerja nanti.

B. Latar Belakang
    Kita perlu memahami SOP karena hal ini sangat dibutuhkan pada saat kita sudah terjun ke dunia kerja di masa yang akan datang.

C. Tujuan
    - Agar kita memahami SOP
    - Lebih berhati-hati saat berada di dunia kerja
    - Mengurangi kelalaian saat bekerja

D. Pembahasan

    1. Pengertian
        SOP (Standar Operasional Prosedur) adalah intruksi kerja yang terdokumentasi mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusaan yang berfungsi untuk pedoman dan acuan pegawai untuk melaksanakan tugas.
    2. Manfaat Standar Operasional Prosedur
        - Sebagai standarisasi
        - Mengurangi kelalaian dan kesalahan saat bekerja
        - Meningkatakan efektivitas dan efisiensi
        - Membuat pegawai menjadi mandiridan tidak bergantung kepada manajemen
        - Meningkatkan akuntibilitas
        - menciptakan standar kinerja
       
    3. Tujuan dari SOP
        - Menjaga Konsistensi dan kinerja Pegawai
        - Mengetahui peran dan fungsi tiap posisi dalam organisasi
        - Memperjelas alur tugas, wewenang, dan tanggung jawab dari pegawai.

    4. Fungsi SOP
        - Memperlancar tugas pegawai
        - Dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
        - Mengaharahkan pegawai untuk disiplin saat bekerja
        - Pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.

    5. Keuntungan SOP
        - Menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten
        - Meningkatkan kepercayaan diri pegawai
        - Digunakan sebagai tolak ukur kinerja pegawai

    6. Format umum SOP
    ada 4 jrnis format umum SOP yaitu :

    - Langkah sederhana (simple steps)
        Format ini dapat digunakan dalam situasi dimana hanya ada beberapa orang yang akan melaksanakan prosedur yang telah disusun
    - Tahapan berurutan (Hierarchical steps)
        Format ini merupakan pegembangan dari simple steps. Digunakan jika prosedur yang disusun panjang, lebih dari 10 langkah
dan membutuh kan informasi yang lebih detail, akan tetapi hanya
memerlukan sedikit pengambilan keputusan.
    - Grafik (graphic)
        Format ini bertujuan untuk memudahkan dalam memahami prosedur
    - Diagram Alir (Flowcharts)
        Format yang digunakan jika dalam SOP diperlukan pengambilan kputusan yang banyak

    7. Tujuan Menyusun SOP
        - Menentukan tujuan yang ingin dicapai.
        - Membuat rancangan awal.
        - Melakukan evaluasi internal.
        - Melakukan evaluasi eksternal.
        - Melakukan uji coba.
        - Menempatkan prosedur pada unit terkait.
        - Menjalankan Prosedur yang sudah dibuat.

E. Kesimpulan
    SOP sangat diperlukan sebagai acuan kerja secarasa sungguh-sungguh agar menjadi sumber daya manusia yang Profesional, disiplin, dan handal

F. Referensi
    - e-book SOP

Comments

Archive

Contact Form

Send